Ads 468x60px

Saturday, December 7, 2013

Menjadi Planet Zombie Bukanlah Masa Depan Bumi

Kalian semua pasti tau kan game Plants Vs Zombies?
Pasti tau lah, siapa sih yang gak tau game absurd ini, atau mungkin udah pada tamatin game ini?

Sebenernya apa sih maksud dari game keluaran PopCap ini?
Intinya kita cuma disuruh buat ngejaga rumah kita dari serangan zombie yang mengincar untuk memakan otak kita, dengan cara kita tanem banyak tanaman yang bisa nyerang zombie-zombie tersebut. Dan kalo semua zombie-nya pada mati, berarti kita menang. Hore!

Tapi pada intinya bukan Plants Vs Zombies yang bakal dibahas kali ini. Lalu sebenernya apa yang bakal dibahas?

Kali ini aku akan membahas sebuah gerakan: GO GREEN, alias gerakan penghijauan bumi. Lalu apa sangkut pautnya sama Plants Vs Zombies? 
Menurutku, bermain game ini bisa membangun niat kita buat GO GREEN karena pada dasarnya sama: menanam tanaman.
Menurut hasil riset badan statistik main game ini bisa merangsang kecerdasan
Oke, sekarang kita bahas ke topiknya dulu, GO GREEN.

GO GREEN ini adalah gerakan yang sedang ramai dicanangkan. Tujuannya sendiri adalah sebagai tindakan menyelamatkan bumi. GO GREEN itu apa sih?

Sejak isu pemanasan global yang lebih dikenal dengan global warning ramai dibicarakan orang, baik ditingkat internasional maupun lokal, secara drastis kesadaran lingkungan menjadi point penting dalam kehidupan manusia. Tiba-tiba saja gerakan Go Green menjadi begitu popular dan bergerak secara serempak di hampir seluruh penjuru dunia.

Apa yang terjadi pada planet kita saat ini adalah yang mendasari adanya gerakan penghijauan. Seperti kita tahu, global warming bukanlah suatu hal yang baik bagi bumi kita. Suhu di bumi semakin hari semakin meningkat, es di Kutub Utara pada mencair. 

Banyak sekali penyebab terjadinya global warming, terutama karena ulah manusia sendiri. Polusi udara, aktvitas penebangan pohon secara liar, hutan-hutan yang disikat habis dan dijadikan lahan perumahan, aktivitas industri yang kurang bertanggung jawab membuat bumi kita semakin hari semakin hancur. Kawasan hutan-hutan di bumi pun semakin sedikit keberadaannya. Dan dampak lainnya banyak spesies makhluk hidup yang punah, dan percuma saja kita tinggal di planet yang kosong.

Lalu siapa yang bisa menyelamatkan satu-satunya planet yang bisa dihuni makhluk hidup ini? Tentu saja kita sendirilah sebagai umat manusia yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata makhluk hidup lain. Walaupun banyak oknum yang tidak bertanggung jawab, namun masih banyak juga orang-orang yang peduli. Kita semua bisa kok ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi kita ini. Perlahan tapi pasti, semua orang pasti bisa menjadi peduli dan sadar akan kebutuhan lingkungan kita saat ini. 

Saat ini, aksi nyata yang bisa kulakukan hanya sedikit, tapi sudah rutin dilakukan. Aksi GO GREEN yang aku lakukan yaitu merawat Rooftop Garden milik keluargaku yang kami buat di atas rumah kami.

Aksi yang kulakukan ini masih terbilang sangat kecil pengaruhnya bagi planet bumi secara keseluruhan, karena hanya sebatas rumahku saja. Tapi pedoman yang kupegang adalah Think Global, Act Local. Kita mulai dari lingkungan pribadi dulu, baru perlahan-lahan mencapai lingkup yang lebih luas. Banyak sekali manfaat yang aku rasakan dari merawat kebun atap rumah ini. Selain bisa menyegarkan mata, keluarga kami juga memanfaatkan untuk budidaya cabe, walaupun hanya untuk kebutuhan sendiri.
Liat cabenya, bukan orangnya
Aku pun juga belajar disiplin untuk selalu nyiramin tanaman-tanamanku ini tiap sore, belajar telaten juga karena merawatnya itu gak asal-asalan. Aksi lain yang kulakukan adalah penghematan, meskipun masih terhambat tapi sudah sebisa mungkin aku lakukan. Penghematan kertas, listrik, air, dan sumber daya lainnya itu perlu, jangan buat diboros-borosin.

Kita gak mau kan bumi ini akhirnya gersang, gak ada air, gak ada pohon, dan gak ada kesegaran serta kenyamanan sehingga anak cucu kita kelak terlahir sebagai zombie yang kurus kering dan mukanya aneh itu? Maka dari itu makna yang kita bisa petik adalah atasi global warming dengan gerakan penghijauan. Bukan sekedar omong doang, tapi harus dengan aksi nyata. Jadi intinya sama kaya game Plants Vs Zombies, kita hijaukan bumi (dengan menanam tanaman) untuk memerangi global warming (yang bisa jadi membuat bumi hancur dan mengubah umat manusia menjadi zombie). Menjadi planet yang hancur dan dihuni oleh zombie bukanlah masa depan bumi. GO GREEN!

0 comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates